Kids

All about Kids


Berapa Kebutuhan Air Minum Pada Anak?

Faktanya, 1 dari 4 anak Indonesia masih kurang konsumsi air putih.

21 September 2020 7:00

Sudahkah Si Kecil tercukupi kebutuhan air minumnya?

Faktanya, 1 dari 4 anak Indonesia masih kurang konsumsi air putih. Hasil riset ini telah dipublikasikan oleh European Journal of Nutrition melalui situs Okezone pada tahun 2018. Padahal, 60% berat tubuh Si Kecil tersusun oleh air. Yuk, kenali lagi berapa banyak kebutuhan konsumsi air pada anak – anak!

Mama perlu tahu, bahwa kurangnya minum air putih pada anak menyebabkan risiko obesitas, menyebabkan dehirasi ringan dan berat, menurunkan konsentrasi & kemampuan berpikir, menyebabkan anak jadi lemas, hingga memengaruhi kondisi mental seperti memicu stress dan mudah emosi.

Berikut tanda – tanda anak kurang minum air putih:

  1. Lebih jarang kencing. Dalam keadaan normal, anak dapat buang air kecil sebanyak 4 – 6 kali dalam sehari. Bila kurang dari itu, bisa jadi mereka kurang cairan.
  2. Warna air seni lebih pekat. Air seni yang normal berwarna jernih atau kuning muda.
  3. Kelopak mata terlihat cekung, tanda tubuh tidak terhidrasi dengan baik.
  4. Tanda dehidrasi ringan: Pusing, lemas. Dalam waktu yang berkepanjangan dapat memengaruhi kondisi ginjal, otak, dan menyebabkan konstipasi. Hal ini disampaikan oleh Linda Friehling, MD, dokter anak & asisten profesor di West Virginia University, Morgantown, Amerika Serikat.
  5. Moody, sering mengantuk, rewel dari biasanya.

Ada baiknya mama mengamati gejala dehidrasi berat yang perlu segera mendapat bantuan dari dokter, diantaranya Si Kecil tampak lesu, sering lelah, atau tidak dapat mengeluarkan air mata saat menangis, hingga bagian lunak di ubun – ubun kepalanya terlihat cekung.

                            Ilustrasi: Anak - anak mengonsumsi air putih dalam perjalanan. Source: Freepik.

Ini Lho, Jumlah Kebutuhan Air Putih Pada Anak!

Secara umum, anak – anak dibawah usia 8 tahun dikatakan membutuhkan asupan air putih sebanyak 1 –1.3 liter per hari. Sedangkan anak dengan usia diatas 8 tahun membutuhkan air putih sebanyak 1.3 –1.5 liter (anak perempuan) dan 1.5–1.7 liter (anak laki-laki) dengan petunjuk konsumsi rata – rata 9 – 10 gelas per hari.

The Academy of Nutrition & Ditetetics mengingatkan orangtua untuk memperhatikan konsumsi air putih pada anak - anak sebelum, saat, dan setelah selesai beraktivitas. Disarankan mereka mengonsumsi setengah gelas sampai 2 gelas air setiap 15 – 20 menit sebelum beraktivitas untuk menjaganya tetap terhidrasi.

Berbagai manfaat dapat dirasakan Si Kecil jika mereka tercukupi kebutuhan air minumnya, mulai dari membersihkan racun dalam tubuh, mencegah perut kembung, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan membuat kulit cerah.

Kalau Si Kecil Sulit Minum Air Putih..

  1. Sediakan selalu di dekatnya. Mulai dengan menyediakan sebotol air minum di sebelah tempat tidurnya, sehingga saat bangun di pagi hari, Ia dapat langsung mengonsumsi air putih. Selanjutnya, mulai siapkan gelas berisi air putih di area sekitar rumah & tempatnya beraktivitas.
  2. Batasi konsumsi minuman lain. Dengan semakin sedikit opsi minuman (terutama yang mengandung gula), anak – anak akan semakin terbiasa mengonsumsi air putih selama beraktivitas di rumah.
  3. Beri contoh! Karena anak adalah peniru ulung, maka ada baiknya Mama dan seluruh anggota keluarga dapat saling mengingatkan untuk secara rutin mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari sesuai kebutuhan.
  4. Gunakan botol lucu yang menarik. Kini tersedia berbagai pilihan botol dan tempat minum lucu yang dapat menarik perhatian Si Kecil untuk mengonsumsi air putih. Beri Ia kesempatan untuk memilih sendiri botol favoritnya. (Nathalie Indry/CC/Photo: Freepik.com)

Responses
Write a responses...
Redeem Cart