Motherhood

All about Motherhood


Calon Ayah Wajib Tahu, Ini Bentuk Dukungan Suami Kepada Istri di Rumah

Bantuan kecil yang anda lakukan, akan sangat berarti bagi istri anda.

15 February 2020 14:00

Calon Ayah Wajib Tahu, Ini Bentuk Dukungan Suami Kepada Istri di Rumah

Hubungan yang terjalin antara suami dan istri perlu dirawat agar lebih harmonis. Terutama bagi anda yang baru berumah tangga, anda pasti akan terkejut dengan beberapa kejadian yang mungkin belum pernah anda alami sebelumnya.

Khusus untuk para suami, walaupun sibuk mencari nafkah untuk keluarga, sebagai Ayah dan suami, anda juga harus memperhatikan kondisi mental istri di rumah. Istri anda mungkin tidak pernah mengeluh setelah mengerjakan urusan anak dan rumah, namun bantuan kecil yang anda lakukan, akan sangat berarti bagi istri anda.

Apa saja bentuk dukungan suami kepada istri di rumah?

 

Source: Freepik | drobotdean
  1. Membelikan Istri Makanan Kesukaan Untuk Memperbaiki Moodnya

Banyak para suami yang menganggap istri mereka baik-baik saja saat mengerjakan urusan rumah. “Di rumah doang apa susahnya?” jika hal ini terlintas di fikiran anda, maka itu salah besar.

Ingat, istri adalah pendamping hidup anda, bukan pembantu yang anda perintah untuk menjaga rumah. Terkadang, pekerjaan rumah yang menumpuk, seperti bersih-bersih, mengurus anak, memasak, dan pekerjaan domestik lainnya akan membuat istri anda bosan.

Jika sudah bosan, mereka akan stress dan cepat emosi. Anda, para suami dituntut lebih peka terhadap perasaan sang istri. Jika mereka stress, cobalah untuk memperbaiki mood nya. Terkadang, membelikan hadiah kecil seperti makanan kesukaan saja sudah cukup membuat istri ceria lagi.

Source: Freepik
  1. Rutin Memberikan Pelukan Kepada Istri

Buat istri anda nyaman dengan memberikan pelukan setiap hari. Tuntutan pekerjaan dan kesibukan sehari-hari terkadang membuat para suami lupa untuk memperhatikan sang istri. Memberi perhatian tidak harus menyita banyak waktu dan tenaga kok, anda tidak perlu mengajak istri dinner romantis spesial atau berlibur, pelukan hangat dari anda sudah cukup membuat istri anda senang.

Dengan memberikan pelukan setiap hari, istri anda akan merasa nyaman. Istri akan lebih bahagia karena merasakan kasih sayang yang anda buktikan dari sebuah pelukan. Sambil memeluk istri, anda juga harus mendengarkan segala keluh kesah yang diutarakannya kepada anda.

Jadilah pendengar yang baik untuk pasangan anda. Dengan mendengarkan keluhan istri, anda bisa mengidentifikasi masalah dan tingkat stress yang mungkin dialaminya. Berilah saran yang menenangkan kepada istri anda. Bagaimana pun dia adalah ibu dari anak-anak anda, yang sekaligus menjadi teman hidup setia anda.

Source: Freepik | freepic.diller

  1. Mengelus Punggung dan Kepala Istri Saat Terlihat Lelah

Jangan diam saja saat istri anda terlihat lelah. Cobalah untuk memberikan perhatian dengan mengelus punggung dan kepala istri anda. Sentuhan lembut pada kepala dan punggung akan membuat istri anda nyaman dan merasa diperhatikan oleh anda.

Anda juga harus lebih sering menghabiskan waktu bersama dengannya. Mengelus punggung dan kepala istri juga menjadi cara efektif untuk berkomunikasi, karena terkadang perempuan lebih sering memendam masalahnya sendiri. Maka dari itu, sentuhan anda sangat berarti bagi istri anda.

Source: Shutterstock
  1. Mencuci botol ASI

Tak bisa dipungkiri bahwa sebagian orang masih menganggap menyusui adalah urusan perempuan. Anggapan ini kerap membuat para suami mempercayakan urusan ASI seratus persen kepada sang istri.

Padahal, menyusui anak merupakan tanggungjawab bersama. Sebagai suami anda juga memiliki peran penting dalam membantu kelancaran program menyusui, terutama jika istri anda menjalankan program ASI eksklusif.

Menyusui bukan lah perkara mudah seperti yang anda fikirkan. Seringkali, karena menyusui, istri anda merasa kelelahan. Ini karena dia harus mengeluarkan banyak energi demi memproduksi ASI yang berkualitas.

Jika sudah begini, tak baik rasanya jika anda membebani istri dengan berbagai pekerjaan rumah. Setidaknya bantu lah istri anda untuk mencuci botol yang digunakan untuk menyimpan atau memompa ASI. Dengan begitu, anda turut membantu meringankan beban istri, sehingga dia merasa lebih tenang saat menyusui dedek bayi.

Source: Shutterstock
  1. Bantu Mengerjakan Urusan Anak dan Rumah

Bayangkan betapa repotnya istri anda saat melakukan pekerjaan rumah sambil mengurus anak. Jangan pernah berfikir, dengan memberikan uang bulanan kepada istri anda saja sudah cukup. Sekali lagi ingat pesan ini, istri anda bukan lah pembantu rumah tangga.

Setidaknya anda juga memiliki kewajiban untuk mengerjakan urusan rumah dan anak. Bagi lah tugas pekerjaan dengan istri anda, misalnya, jika dia sedang sibuk memasak, setidaknya anda yang bertugas untuk membersihkan rumah.

Jika istri anda sibuk mencuci pakaian, bantu lah dia mengurusi anak-anak. Tak bisa dipungkiri, di Indonesia masih identik dengan sistem patriarki. Penelitian Claire kamp Dush dari Ohio State University pada Journal Sex Roles bahkan menyebutkan bahwa seorang suami cenderung menghabiskan waktu libur dengan bersantai. Jika dikalkulasikan, seorang ayah bisa menghabiskan waktu 101 menit untuk bersantai di hari libur, sementara istrinya hanya memiliki waktu bersantai sebanyak 46 sampai 49 menit.

Terlebih, beberapa budaya lokal juga menganggap laki-laki tidak pantas mengerjakan urusan domestik rumah tangga. Padahal, laki-laki juga memiliki kewajiban yang sama untuk mengurus pekerjaan rumah. Misalnya membantu membuang sampah, menyiapkan makanan, menyetrika pakaian, berbelanja keperluan keluarga, dan membantu mengurus anak.

  1. Berikan Bantuan Pijat Oksitosin Untuk Memperlancar ASI

Setiap perempuan pasti ingin memberikan yang terbaik untuk sang anak. Memberi ASI eksklusif merupakan kenikmatan tersendiri yang dirasakan oleh setiap ibu di dunia. Namun, tak semua ibu bisa memberikan ASI esklusif. Beberapa perempuan mengalami kesulitan saat memberikan ASI.

Jika ASI istri anda tidak lancar, sebagai suami sudah seharusnya anda memberikan perhatian lebih kepada sang istri. Buatlah sang istri merasa rileks agar terhindar dari stress. Tingkat stress yang tinggi juga sangat mempengaruhi produksi ASI. Saat merasa nyaman, tubuh istri anda akan memproduksi hormon oksitosin yang membantu memperlancar jumlah produksi ASI.

Untuk memicu hormon oksitosin, anda bisa melakukan pijatan lembut kepada sang istri. Pijatlah bagian punggung istri sebelum menyusui. Anda juga bisa menekan bagian kiri dan kanan tulang punggung istri selama 15 menit. Titik tersebut merupakan salah satu bagian yang bisa memicu produksi hormon oksitosin dalam tubuh.

Selain membantu memperlancar ASI, pijatan lembut yang anda berikan kepada istri juga membuat istri anda tidak merasa stress. Yang paling terpenting untuk memperlancar ASI adalah kondisi ibu yang selalu bahagia. Jika perlu, berikanlah asupan vitamin dan makananan bernutrisi untuk istri anda.

Kesimpulan

Nah, dari penjelasan yang sudah dipaparkan di atas, anda akan lebih mengerti betapa pentingnya kerjasama yang baik antara suami dan istri. Segala urusan dan pekerjaan rumah akan lebih mudah jika dijalankan bersama-sama.

Dari beberapa bentuk dukungan suami kepada istri yang dijelaskan tadi, anda menjadi lebih faham tentang bagaimana cara yang baik untuk memperlakukan istri anda. Yang terpenting, anda harus mengubah mindset mengenai peran suami dan istri yang anda ketahui selama ini. Bahwa, tidak selamanya pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci, mengurus anak, dan berbagai pekerjaan domestik lainnya, hanya pantas dilakukan seorang perempuan.

Dengan memberikan perhatian dan bantuan kecil kepada istri, komunikasi yang terjalin dalam rumahtangga akan menjadi lebih baik, sehingga hubungan rumahtangga anda dan istri menjadi lebih harmonis.


Responses
Write a responses...
29 February 2020 14:05
AYAH ASI ADALAH SUPPORT SYSTEM TERBESAR :)
Redeem Cart