Pregnancy

All about Pregnancy


Hamil di Masa Pandemi Covid 19: Aman atau Tidak, Ya?

Hal ini dikarenakan imunitas calon mama lebih rendah daripada yang tidak hamil.

24 July 2020 10:00

Di tengah pandemi, calon mama/ pasangan yang sedang merencanakan kehamilan tentu memiliki kekhawatiran akan kondisi kesehatannya. Mamin sengaja ngobrol dengan dr. Putra Ismaya Abral, SpOG mengenai hal ini. Tenang, berikut saran & panduan yang bisa dijalankan untuk kehamilan sehat.

“Bagi pasangan yang sedang dalam program kehamilan, disarankan untuk menundanya dengan menggunakan kontrasepsi. Hal ini dikarenakan imunitas calon mama lebih rendah daripada yang tidak hamil. Namun jika sudah “terlanjur” hamil, tingkatkan imunitas dengan mengkonsumsi vitamin C & madu, lalu ikuti protokol kesehatan anjuran pemerintah dan WHO,” ujar dr. Putra saat dihubungi pada Selasa (21/7/2020).

Sekalipun WHO belum memiliki bukti yang menyatakan bahwa calon mama lebih berisiko terkena penyakit parah dibandingkan populasi umum, menurut dokter yang juga merupakan papa dari 3 orang anak ini, menurunnya imunitas harus menjadi perhatian utama, “Takut tertular virus adalah kekhawatiran terbesar calon mama. Selain itu, secara psikologis mereka memang jadi lebih khawatir dan cemas akan kesehatan diri & janin.”

Image source: Freepik.com

Image source: Freepik.com

5 Langkah Lindungi Diri dari Virus Covid 19 Selama Hamil

Laman resmi WHO Indonesia memberi himbauan bagi calon mama - termasuk yang terjangkit Covid 19 - untuk tetap menjalani perawatan kesehatan rutin seperti biasanya dengan langkah perlindungan ekstra sebagai berikut:

    1. Rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir, atau cairan antiseptik berbahan dasar alkohol.
    2. Menjaga jarak dengan orang lain, terutama dengan orang yang sedang batuk atau bersin.
    3. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut.
    4. Jaga kebersihan pernapasan. Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin dengan siku yang terlipat atau tisu. Lalu segera buang tisu bekas tersebut ke dalam tempat sampah tertutup.
    5. Segera mencari pertolongan medis jika demam, batuk, atau kesulitan bernapas. Hubungi via telepon sebelum pergi ke fasilitas pelayanan kesehatan, dan ikuti arahan dari dinas kesehatan setempat.

Langkah pencegahan berikutnya adalah mengurangi kunjungan pemeriksaan kehamilan, terutama di trimester kedua:

  1. Usia kehamilan sampai 12 minggu: Kontrol rutin 1x dalam 1 bulan.
  2. Usia kehamilan 12 - 28 minggu:  Kontrol setiap 6 - 8 minggu sekali saja, kecuali ada keluhan pada kehamilan. 
  3. Usia kehamilan lebih dari 28 minggu: Kontrol rutin 2x dalam 1 bulan. 
  4. Usia kehamilan lebih dari 36 minggu: Kontrol rutin setiap minggu. 

Image Source: Freepik.com

Image Source: Freepik.com

Lalu, Bagaimana dengan Proses Persalinan?

 

Menjawab kekhawatiran mama, Kementrian Kesehatan  (20/7/2020) telah menetapkan aturan persalinan di rumah sakit untuk mencegah terjadinya penularan Covid 19 bagi yang melahirkan di masa pandemi:

  1. Setiap calon mama yang akan menjalani persalinan dihimbau untuk melakukan screening Covid-19, 7 hari sebelum taksir hari lahir bayi.
  2. Persalinan mama dengan kasus suspek atau probable harus dilakukan di rumah sakit rujukan Covid-19.
  3. Rumah sakit rujukan COVID-19 dihimbau untuk melaksanakan pelayanan maternal & neonatal dengan memperhatikan kewaspadaan isolasi bagi seluruh pasien, antara lain : Mengurangi transmisi udara, dapat menggunakan delivery chamber untuk pelayanan persalinan pervaginam; Melakukan Tindakan di ruang operasi dengan tekanan negatif bila ada, atau melakukan modifikasi aliran udara; Memiliki ketersediaan alat pelindung diri (APD) sesuai standar bagi tenaga kesehatan pemberi pelayanan maternal dan neonatal.

Sampai saat ini belum diketahui apakah calon mama yang terjangkit Covid 19 dapat menularkan virus tersebut ke janin/ bayi selama kehamilan dan persalinan. Yang perlu mama ingat, virus ini belum ditemukan di dalam sampel cairan amniotik/ketuban atau ASI. 

Jangan ragu untuk mengutarakan kecemasan selama kehamilan kepada keluarga dan support system terdekat untuk menjaga diri & janin tetap sehat ya, Mama. All is well, stay positive! (Nathalie Indry/CC/Photo: Freepik.com)


Responses
Write a responses...
Redeem Cart