Baby

All about Baby


Kenali Perkembangan Penglihatan Bayi

Periode kritis perkembangan fungsi penglihatan terjadi antara kehamilan 20 minggu dan usia 2-3 tahun

6 October 2020 16:00

Saat baru lahir, bayi belum bisa melihat dengan jelas. Kemampuan ini akan terus berkembang sesuai tahapan usianya. 

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), pembentukan organ penglihatan dimulai sejak minggu- minggu awal kehamilan. Periode kritis perkembangan fungsi penglihatan terjadi antara kehamilan 20 minggu dan usia 2-3 tahun, tapi perkembangan ini masih terus berlangsung hingga usia 5-6 tahun. 

Berikut perkembangan penglihatan pada satu tahun pertama kehidupan Si Kecil:

  1. Minggu pertama. Bayi memang sudah bisa melihat, tetapi masih sangat terbatas dan hanya dapat memandang selama beberapa detik saja. Jarak penglihatannya berkisar antara 20 - 30 cm, sama dengan jarak mama dengannya saat sedang menyusuinya. Di saat ini, Ia hanya dapat melihat warna hitam dan putih. 
  2. Minggu kedua. Dengan jarak penglihatan yang sama dengan minggu pertama, bayi sudah mulai bisa mengenali wajah mama. 
  3. Minggu ketiga. Di fase ini, Ia sudah mulai mama mengenali wajah - wajah orang di sekelilingnya dengan durasi sekitar 10 detik. 
  4. Bulan pertama. Mata bayi akan bergerak ke arah sumber cahaya. Di usia ini, matanya masih belum terlalu peka terhadap cahaya.
  5. Bulan kedua. Perkembangan penglihatan Si Kecil sudah semakin banyak, diantaranya mulai dapat mengenali wajah, melakukan kontak mata lebin lama, mulai belajar melirik, atau fokus pada sesuatu yang menarik perhatiannya. 
  6. Bulan ke 3 - 6. Bayi sudah mampu melirik, memandang dan mempelajari benda yang terlihat, memperhatikan sekeliling, hingga sering meligat bayangan. 
  7. Usia 7 - 10 bulan. Si Kecil Sudah sudah dapat mengenali objek yang tersembunyi serba menunjukkan ketertarikan pada gambar. 
  8. Usia 11 - 12 bulan. Menjelang usia 1 tahun, bayi sudah bisa mulai mengkoordinasikan otak dan matanya untuk dapat mengenali seseorang. Ia juga senang dengan permainan ci luk ba, dan memandang objek di luar jendela. 

                            Ilustrasi: Bayi sedang bermain dengan mainan berwarna - warni. Source: Freepik.

Stimulasinya, Seperti Apa?

Perlu diperhatikan, agar perkembangan fungsi penglihatan pada bayi dapat berlangsung optimal, mama dapat memberikan rangsang penglihatan melalui beberapa langkah berikut:

  1. Memberikan ransang berupa cahaya yang menerangi benda, bukan yang menyorot langsung ke mata bayi, latihan memperkenalkan ragam warna, membantu meningkatkan fokus dalam memandang sebuah objek sesuai perkembangan usia dengan tahapan seperti diatas. 
  2. Memastikan asupan nutrisi optimal sejak masa kehamilan. Hindari paparan asap rokok, alkohol dan obat - obatan yang tidak direkomendasikan untuk menghindari gangguan pembentukan organ penglihatan.
  3. Bayi dapat mulai dikenalkan dengan berbagai permainan yang berwarna - warni, mengeluarkan suara atau cahaya sehingga dapat merangsang kemampuannya untuk melihat dan mengarahkan fokus. 

Gangguan Penglihatan pada Bayi

Alasan utama penyebab gangguan penglihatan pada bayi yang paling sering dialami anak - anak adalah gangguan refraktif (kondisi mata minus dan plus). Beberapa penyebab lain juga dapat menjadi pemicu, diantaranya katarak pada bayi, Retinophaty of prematurity (penyakit mata yang biasanya terjadi pada bayi terlahir prematur), dan mata juling. 

Mama dapat mulai mengenali gejalanya sejak usia bayi 3 bulan, dengan menunjukkan tanda - tanda sebagai berikut:

  1. Tidak dapat mengikuti pergerakan objek. 
  2. Mata sering menjadi juling. 
  3. Mata berair. 
  4. Terdapat bayangan berwarna putih pada bagian tengah bola mata. 
  5. Sering memiringkan/menggelengkan kepala. 
  6. Mata menjadi sensitif terhadap cahaya. 
  7. Terdapat warna kemerahan yang tidak bisa hilang pada bagian bola mata. 
  8. Kelopak mata sering terhalang pandangannya. 

Jika mengalaminya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis mata dan memeriksakan gangguan tersebut lebih lanjut. (Nathalie Indry/CC/Photo: Freepik.com)

 


Responses
Write a responses...
Redeem Cart