Pregnancy

All about Pregnancy


Tambahan Vitamin yang Diperlukan Saat Hamil Selama Pandemi

Penting bagi mama untuk melakukan langkah pencegahan demi melindungi diri dan janin dari Covid 19.

19 September 2020 7:00

Untuk menghadapi masa pandemic Covid 19, adakah penambahan vitamin khusus yang harus dikonsumsi oleh calon mama?

Sampai saat ini memang masih belum ada bukti yang menyatakan bahwa calon mama lebih beresiko terkena penyakit parah dibandingkan populasi umum, seperti dilansir dari laman resmi WHO Indonesia. Namun, karena adanya perubahan pada tubuh dan sistem imunitas, calon mama dapat mengalami dampak yang cukup parah karena beberapa penyakit infeksi saluran pernapasan. Sehingga penting bagi mama untuk melakukan langkah pencegahan demi melindungi diri dan janin dari Covid 19.

Kementrian Kesehatan RI merilis Pedoman Bagi Ibu Hamil, Bersalin, Nifas, dan Bayi Baru Lahir di Era Pandemi Covid 19 dan menyebutkan prinsip pencegahan Covid 19 pada calon mama meliputi universal precaution dengan selalu mencuci tangan pakai sabun selama 20, pemakaian alat pelindung diri, menjaga kondisi tubuh dengan rajin olahraga dan istirahat cukup, makan dengan gizi seimbang, serta mempraktikkan etika batuk dan bersin.

Bagaimana dengan Konsumsi Vitamin?

Ternyata, yang perlu mama perhatikan mengenai kesehatan diri dan janin selama pandemi adalah pencegahan anemia. Hal ini disampaikan dalam Pedoman Pelayanan Gizi Pada Masa Tanggap Darurat Covid 19 untuk Tenaga Kesehatan yang telah dirilis oleh Gugus Tugas Penanganan Covid 19.

Menurutnya, calon mama merupakan kelompok rentan yang memiliki risiko tinggi mengalami anemia. Hal ini disebabkan oleh adanya peningkatan volume darah selama kehamilan untuk pembentukan plasenta, janin dan cadangan zat besi dalam ASI. Anemia akan menurunkan daya tahan tubuh sehingga rentang terhadap berbagai infeksi termasuk infeksi Covid 19 dan penyakit yang ditimbulkannya. Selain itu, anemia pada calon mama akan meningkatkan bayi berat lahir rendah, yang tentunya akan meningkatkan risiko terjadinya stunting.

Pencegahan anemia gizi pada calon mama dilakukan dengan memberikan minimal 90 tablet Tambah darah selama kehamilan dan dimulai sedini mungkin. Pemberian tablet tambah darah ini dapat menurunkan risiko anemia maternal 70% dan defisiensi besi 57%. Jangan lupa untuk konsultasikan hal ini kepada dokter pribadi mama, ya!

Ilustrasi: Calon mama mengonsumsi makanan sehat. Source: Freepik

Ilustrasi: Calon mama sedang mengonsumsi makanan sehat. Source: Freepik

Berikut beberapa pesan penting terkait asupan makanan & upaya untuk tetap sehat saat hamil di masa pandemi:

  • Konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Khususnya makanan bersumber protein, kaya sumber zat besi, mengurangi asupan makanan mengandung tinggi gula, garam dan lemak, dan tidak mengonsumsi tablet tambah darah bersamaan dengan minuman atau obat yang menghambat penyerapan zat besi seperti teh, kopi, susu, tablet kalsium dosis tinggi. Tablet tambah darah tersebut dapat diminum malam hari untuk mengurangi mual, serta dikonsumsi bersama makanan atau minuman bersumber vit. C untuk meningkatkan penyerapannya.
  • Calon mama dengan status PDP atau terkonfirmasi positif Covid 19 tidak diberikan tablet tambah darah karena akan memperburuk komplikasi yang diakibatkan kondisi covid 19.
  • Calon mama diminta mempelajari buku KIA untuk diterapkan dalam kehidupan sehari – hari termasuk mengendali tanda bahaya pada kehamilan. Jika ada keluhan atau tanda bahaya, calon mama harus segera memeriksakan diri ke fakses kerehatan.
  • Menjaga kebersihan diri dan tetap mempraktikkan aktivitas fisik berupa senam hamil/yoga/pilates secara mandiri di rumah agar tetap bugar dan sehat.

Michael Triangto – Dokter spesialis kesehatan olahraga merekomendasikan jenis olahraga yang aman untuk dilakukan calon mama diantaranya berjalan kaki (bukan lari), atau latihan beban ringan. "Olaharaga berat yang dilakukan melampaui batas kemampuan akan berdampak pada kelancaran aliran darah ibu dan calon bayi. Dalam kondisi ini, akan terjadi pengurangan alirah darah ke janin sampai 25% sehingga memicu gangguan perkembangan pada Si Kecil," ungkapnya. Tetap bugar dengan memperhatikan asupan makanan serta berolahraga teratur ya, Mama! (Nathalie Indry/CC/Photo: Freepik.com)


Responses
Write a responses...
Redeem Cart